Keraton Solo Gelar Upacara Sumpah Pemuda, Bentangkan Merah Putih 1.000 Meter

AW Wibowo
Keraton Solo menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda dan membentang bendera merah putih sepanjang 1.000 Meter. Foto: AW Wibowo

Dikatakannya, bendera merah putih dulunya dipakai oleh Kerajaan Mataram Surakarta. Momentum ini diharapkan untuk menjadi pengingat kepada siapa pun termasuk pemerintah yang memegang kekuasaan saat ini. Dirinya berharap sejarah jangan sampai ditinggalkan. 

Ini sekaligus mengenang peran Raja Pakubuwono (PB) X dalam memperebutkan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Keraton Solo dulunya melakukan diplomasi dengan negara luar memakai bendera merah putih atau dulu disebut gula kelapa.

Sehingga tak bisa dipungkiri, Keraton Solo pada 200 tahun silam sebelum republik indonesia berdiri, telah menjadi pusat pemerintahan. 

Raja keraton Solo PB X, dulunya pernah melakukan perjalanan keliling Nusantara guna menyatukan tekad untuk mendirikan sebuah negara yang berdaulat. Selanjutnya Raja PB XI melanjutkan dengan menugaskan pejabat keraton dan berperan dalam pembentukan BPUPKI. Sedangkan Raja PB XII mengeluarkan maklumat bahwa Keraton Solo bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 

Editor : AW Wibowo

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network