Arief Rosyid Hasan Ingatkan Pemuda Pentingnya Kebudayaan

AW Wibowo
Ketua Umum PB HMI tahun 2013-2015, M Arief Rosyid Hasan saat menyampaikan pidato kebudayaan di Pendopo Javanologi UNS, Rabu (28/2/2024) malam. Foto: AW Wibowo

Selain itu juga terdapat sejumlah pemimpin, termasuk Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang dinilai sebagai sosok representasi anak muda yang bisa ikut dalam agenda pembangunan. Dirinya berharap anak muda semakin banyak diberi kesempatan menjadi pemimpin. Tanpa kesempatan, mustahil membangun kepercayaan. 

Sementara dalam pidato kebudayaan yang disampaikan, Muhammad Arief Rosyid Hasan Solo merupakan salah satu kota penting dalam sejarah perjalanan Republik Indonesia. Solo dengan masyarakatnya, juga merupakan salah satu kota yang masih memegang erat tradisi dan budaya Jawa yang penuh nilai-nilai keluhuran dan kebajikan.

Dalam kurun waktu 5 tahun belakangan, Indonesia ramai membicarakan tentang diskursus terkait Cita Indonesia Emas 2045. Momentum pada Tahun 2045 dipilih karena pada tahun tersebut Indonesia telah mencapai usia 100 sejakkemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. 

“Diharapkan bahwa usia 100 Indonesia merdeka, Indonesia dapat bertransformasi menjadi negara berdaulat, maju, dan berkelanjutan. Transformasi kemajuan Indonesia adalah berkaitan dengan transformasi sosial-budaya, transformasi ekonomi dan transformasi tata kelola. Ketiga transformasi tersebut menjadi fokus dan perhatian utama dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045,” katanya. 

Tolak ukur cita Indonesia Emas 2045 adalah negara dengan tingkat perekonomian yang tinggi, penduduknya yang sehat dan produktif, berkebudayaan yang maju serta mempunyai kualitas sumber daya manusia yang unggul. Cita Indonesia Emas 2045 saat ini telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2025-2045 yang dibuat oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) 

Editor : AW Wibowo

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network